01 Juli 2022

KADRUN: ANTARA POLITIK DAN AGAMA

 A. Asal

Kadrun merupakan singkatan dari kadal gurun. Berdasarkan pencarian di media sosial Facebook, kata kadrun paling awal ditemukan pada bulan 28 September 2019. Di Twitter kata kadrun mulai muncul pada Desember 2019.

Istilah ini diciptakan oleh Denny Siregar (DS), seorang pegiat media sosial, tahun 2019-an. Nama tersebut merupakan balasan terhadap tudingan PKI, liberal, Syiah dan kemudian BuzzerRp yang dialamatkan pada Denny Siregar cs. DS menyebutkan bahwa kadrun berarti hal-hal berikut.

 

1. Neo Khawarij yang ditujukan untuk pemaham-pemaham agama yang kaku (Sadikin 2022).

Dalam terminologi ini dimasukkan golongan seperti HTI, sekte Wahhabi atau Salafi, dsb. yang datang ke Indonesia dengan konsep gerakan Islam transnasional. HTI datang dengan konsep khilafah yang dipropagandakan sebagai konsep bernegara terbaik. HTI sering menyebut negara yang tidak berlandaskan islam dengan kata toghut. Lembaga HTI resmi dilarang sejak 19 Juli 2017.

Tidak seperti HTI yang menggunakan metode hegemonik dalam penyebaran ide, sekte Wahhabi identik dengan kekerasan. Sebenarnya, menurut  Sahrasad et al. (2019:68-9) wahhabisme dibagi menjadi 3 golongan: Wahhabi Shururi, Jihadi Wahhabi, dan Takfiri Wahhabi. Dua yang terakhir yang dianggap menjadi ajaran dari al-Qaeda dan ISIS.

 

2. Kelompok intoleran (Fahlevi 2022).

Kelompok intoleran ini sering ditunjukkan dengan golongan yang “anti-agama” lain. Kasus terbesar dari kelompok ini adalah kasus demo Ahok dengan gerakan 212. Kelompok ini diidentikkan dengan FPI dan simpatisanya.

 

B. Ulasan

Karena keluar pada masa pilpres, istilah ini sering diidentikkan dengan cebong dan kampret. Namun dilihat dari unsur kata, istilah kadal gurun tidak mengacu pada ikhwal pilpres. Kelompok ini tidak lagi melekat pada pendukung Prabowo dalam pilpres yang disebut kampret. Kelompok ini sering disemakan – selain dua di atas – untuk golongan yang mempolitisasi agama (Islam).

 

Rujukan

Fahlevi, Afditya Imam. 2022. “Apa Itu Kadal Gurun Alias Kadrun? Begini Penjelasannya.” Tagar.Id, April 14.

Sadikin, Rendy Adrikni. 2022. “Asal Muasal Label Kadrun, Ternyata Sosok Ini Penciptanya Hingga Viral.” Suara.Com, March 17.

Sahrasad, Herdi, Al Chaidar, and Dedy Tabrani. 2019. “Terrorism, Wahhabism and Islam (East)-West Dialogues: A Reflection from Indonesia.” Journal of Economic and Social Development 6(2):68–69.

0 comments:

Posting Komentar